Tentang Rumah Makan Balibu

Seiring berjalannya waktu, bisnis rumah makan kian berkembang dan semakin menjamur di berbagai tempat, tidak terkecuali kota Bandung merupakan kota dimana bisnis tersebut berkembang dengan pesat. Otomatis persaingan yang ada semakin ketat, karena itu setiap perusahaan berusaha menunjukkan keunggulannya masing – masing. Orientasi perusahaan semata-mata untuk memenuhi kepuasan konsumen, sementara kebutuhan konsumen semakin beragam, untuk itu hanya perusahaan yang dapat memenuhi permintaan pasar, yang akan tetap bertahan.

Di zaman yang serba instan, setiap orang ingin kebutuhannya terpenuhi dengan cepat dan praktis. Salah satu kebutuhan yang utama adalah kebutuhan pangan, untuk itu banyak perusahaan yang bergerak dibidang rumah makan memunculkan ke khasan hidangan yang disajikan, menawarkan tempat yang memiliki suasana yang nyaman dan menyenangkan, juga ciri khas yang membuat perusahaan tersebut bertambah di tengah persaingan yang hebat.

Oleh sebab itu, pada akhir tahun 2003 tepatnya pada tanggal 29 bulan Desember 2003 kami membuka usaha rumah makan khas sunda yang diberi nama ”BALIBU”. Rumah Makan Khas Sunda Balibu terletak di Jalan Tangkuban Perahu No. 432 Lembang. Rumah makan ini memiliki konsep dan design bangunan yang benar benar mencirikan bangunan khas sunda ( ornamen kayu dan bambu ), dibangun  di atas tanah seluas 920 m2 dan dengan luas bangunan total 700 m2.

Nama ”BALIBU” merupakan singkatan dari “Bawah Lima Bulan” yang mempunyai arti bahwa Rumah Makan Balibu memiliki ciri khas yang sangat berbeda dengan rumah makan khas sunda lainnya, yaitu menu Sate Kambing muda yang diproses dari kambing yang masih berumur di bawah lima bulan.

RM Khas Sunda Balibu memiliki peternakan kambing sendiri untuk menjaga kualitas agar tetap empuk alami dan terasa manis daging kambingnya. Tentunya ada beraneka ragam menu khas sunda yang dapat dinikmati di rumah makan Balibu. Tidak hanya sate kambingnya yang menjadi andalan, menu menu lain seperti sop buntut sapi, nasi timbel komplit, nasi tutug oncom, aneka pepes, oseng osengan, dan ikan gurame cobek yang disajikan di atas hot plate adalah beberapa dari menu makanan yang sangat digemari oleh konsumen RM Khas Sunda Balibu.

Lokasinya yang berada di daerah dataran tinggi Lembang, membuat RM Khas Sunda Balibu memiliki daya tarik lebih karena udaranya yang sejuk dan panorama alam pegunungan yang indah. Didukung oleh letaknya yang tidak jauh dari beberapa kawasan wisata alam seperti, taman wisata alam Gunung Tangkuban Perahu yang sangat terkenal dan menjadi ikon wisata provinsi Jawa Barat, Curug Maribaya, dan tempat pemandian air panas Sari Ater yang terletak di kaki gunung Tangkuban Perahu, membuat Rumah Makan Khas Sunda Balibu memiliki target pasarnya sendiri. Selain tempat wisata, di daerah Lembang juga terdapat beberapa pusat pelatihan dan pendidikan seperti Sespim Polri, Pusdik Ajen, Brimob, Kowad, Balitsa, BLPP dan lain lain yang sering mengadakan pertemuan pertemuan dan acara makan bersama dan juga pendatang dari luar negeri seperti negeri jiran Malaysia merupakan pelanggan tetap kami yang berkunjung melalui Travel Agent ataupun Pribadi.